Kamis, 22 Maret 2012

LKTD Paroki Keluarga Kudus Pasaman

Penyematan tanda peserta LKTD
Sebanyak 59 orang muda katolik Paroki Keluarga kudus Pasaman mengikuti LKTD yang diadakan di gereja pusat paroki. LKTD diadakan tanggal 16 sampai dengan 18 maret 2012. Begitu besar harapan yang digantungkan oleh umat dan gereja kepada para peserta, ini tampak dari semangat umat dalam bergotong-royong menyukseskan kegiatan.


Fr. Jaya Nababan yang merupakan koordinator pelaksana LKTD menyampaikan bahwa ini adalah kegiatan kaderisasi yang dilakukan di paroki keluarga kudus setelah lebih kurang 20 tahun tidak ada kaderisasi, hanya mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada dari keuskupan ataupun pertemuan lain semacam wisata rohani. Jumlah omk di paroki ini banyak, mencapai 100 orang, namun tidak semua dapat aktif dalam kegiatan-kegiatan omk. "jumlah omk yang banyak ini merupakan modal bagi paroki ini karena orang muda merupakan tulang punggung gereja, untuk itu kita harus memberikan mereka modal sebagai calon pemimpin agar kualitas pribadi mereka pun sesuai dengan yang kita harapkan untuk menjadi pemimpin di masa depan" ujarnya.

Dalam proses LKTD yang difasilitasi tim komisi kepemudaan keuskupan, omk diajak untuk merefleksikan diri sebagai kader katolik yang sangat diharapkan partisipasinya dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat. Untuk itiu omk perlu mengenal dan memperdalam iman sebagai dasar berpijak dalam kehidupan. Dalam homili misa pembukaan, Pastor Riduan yang adalah ketua komisi kepemudaan keuskupan padang menyampaikan bahwa omk harus menjadi pribadi yang berkarakter. "jangan menjadi pribadi yang bermental kerupuk, mudah tersinggung dan tidak tahan kristik kemudian meniggalkan tanggung jawab" tambah pastor.

Harapannya setelah mengikuti proses kaderisasi ini, peserta mampu menjadi penggerak untuk menghidupkan omk di daerahnya. Sebagai tindak lanjut dari LKTD ini akan diadakan berbagai kegiatan seperti gotong royong bersama, rekreasi rohani dan adanya pertemuan omk setiap bulan.Pastor paroki selalu mendukung kegiatan OMK, paroki selalu siap dalam segala hal untuk membantu omk dalam pengembangan diri dan kelompoknya. (reb)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites