Minggu, 18 Agustus 2013

Paroki St. Barbara Sawahlunto: LKTM OMK, Menjadi Garam dan Terang Dunia

Acara Latihan Kepemimpinan Tingkat Menengah kali ini diadakan selama tiga hari, 9 – 11 Agustus 2013, diikuti oleh tiga puluh (30) peserta dari empat stasi (Stasi Solok, Stasi Sawah Lunto, Stasi Sungai Rumbai dan Stasi Sungai Tambang minus Stasi Sijunjung).  Namun seperti diakui panitia, hanya 24 peserta yang murni telah mengikuti LKTD sedangkan 6 peserta lainnya belum pernah mengikuti LKTD. Berkaitan dengan keadaan ini, panitia paroki mengatakan bahwa keenam peserta tersebut diperbolehkan mengikuti kegiatan LKTM atas rekomendasi dari pastor paroki berdasarkan tingkat keaktifan mereka di paroki.

Kegiatan yang dikoordinir langsung oleh Tim KOMKEP ini bertemakan “Menjadi Garam dan Terang Dunia ”. Para peserta diperkaya dengan materi-materi yang diangkat dari 2 dokumen penting Konsili Vatikan II yakni Dekrit tentang Kerasulan Awam (Apostolicam Actuasitatem) dan Konstitusi Pastoral tentang Gereja di Dunia Dewasa ini (Gaudium et Spes).
 Selama materi dalam kegiatan yang berpusat di Aula Gedung SD St. Lucia ini, para peserta tidak diperkenankan menggunakan berbagai barang elektronik seperti HP, kamera, i-pad dan lainnya. Semua benda-benda tersebut dikumpulkan selama kegiatan. Setiap pagi peserta mesti bangun pukul 4.45 dan membuka kegiatan dengan senam pagi pada pkl.05.00 dini hari. Sementara untuk proses wawancara, peserta dibagi bertiga-tiga untuk pergi di utus ke rumah-rumah umat seputar paroki dan berwawancara dengan umat tentang peran Gereja di masyarakat. Selanjutnya sekembalinya dari sana mereka dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil wawancara mereka.
Pada hari akhir kegiatan para peserta membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang terutama dan pertama bagi diri mereka sendiri  lalu bagi kegiatan di stasi mereka ke depannya. Selain itu mereka membuat evaluasi tertulis atas kegiatan yang telah berlangsung. Kegaitan ditutup dengan perayaan Ekaristis penutupan oleh Pastor Ketua KOMKEP dan pembagian sertifikat kepada para perserta sebagai tanda telah mengikuti kegiatan LKTM ini. (ds)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites