Selasa, 20 November 2012

Xaverian Muda berkunjung ke Padang dan Bukittinggi


31 orang yang tergabung dalam kelompok Xaverian Muda dari Paroki Santo Matius Bintaro tiba di Padang pada tanggal 14 November 2012. Kelompok ini terdiri dari Pastor pendamping, Bapak dan Ibu pendamping serta para peserta. Tujuan dari kunjungan ke Xaverian Padang untuk mengenal secara lebih dekat dengan induk Konggregasi Serikat Xaverian di Indonesia, yaitu Padang sekaligus melakukan pelayanan liturgi melalui talenta yang dimiliki para Xaverian Muda. Kunjungan ini berlangsung selama 4 hari dengan bertemakan “Santo Guido adalah Berkat untuk Semua Orang”.


Kelompok Xaverian Muda yang didominasi oleh remaja ini melakukan lawatan ke Biara Xaverian bersama dengan remaja dari Paroki Santo Fransiskus Assisi Padang Baru. Kelompok remaja  ini disambut dengan hangat oleh Provinsial Serikat Misionaris Xaverian, Pastor Antonius Wahyudianto, SX dan juga pastor Xaverian lainnya. Dalam kesempatan ini, secara khusus Pastor Anton, SX dan Pastor Angelo, SX menjelaskan bagaimana Serikat Xaverian dalam perkembangannya. Sumatera Barat adalah daerah awal perkembangan Serikat Xaverian. Kelompok remaja diajak juga untuk berziarah ke “rumah masa depan” yang terletak di belakang kapel. Pastor Anton, SX dan Pastor Angelo, SX memperkenalkan satu persatu para pendahulu Serikat Xaverian yang telah dimakamkan di sana.

Perjalanan dilanjutkan ke Bukit Paralayang dan makan siang di Pantai Air Manis. Kelompok remaja ini diajak untuk melakukan hal yang sangat menantang andrenalin, yakni berjalan hingga 2 jam melalui medan yang terbilang curam. Mereka mampu menyelesaikan perjalanan walaupun letih dan luka serta tangis karena merupakan pengalaman yang baru. Kelelahan ini terobati dengan makan siang dan menikmati panorama Pantai Air Manis. Perjalanan selanjutnya menuju Gereja Katedral, dalam kesempatan ini kelompok remaja diajak untuk berdoa Koronka Kerahiman Ilahi. Ibu Silviani sempat juga menjelaskan tentang Santa yang memperkenalkan doa ini dihadapan kelompok remaja.

Selain wisata rohani kunjungan ini juga bersifat edukatif. Jumat 16 November 2012, kelompok Xaverian Muda secara khusus diajak ke Bukittinggi melewati Padang Panjang dan melakukan kegiatan bersama, hingga ditutup dengan Misa Kudus di Gereja St Claver, Bukittinggi. Kelompok remaja ini diajak bermalam minggu dengan Yesus melalui misa Kudus yang dipimpin oleh Pastor Petrus Hardiyanto, SX dengan konselebran Pastor Giussepe,SX; Pastor Anton, SX; Pastor Angelo, SX; dan Pastor Rafael, SX. Dalam Misa Kudus kelompok remaja memuji Tuhan melalui talenta yang mereka miliki, ada tampilan musik dari Kelompok Xaverian Muda, paduan suara dari Bina Iman Remaja Pusat Paroki St. Fransiskus Assisi dan tablo Santo Guido Maria Conforti dari kelompok Misdinar Stasi Tabing.


Acara ramah tamah juga digelar pada malam minggu, dihadiri oleh para Pastor, Suster, DPP Paroki Fransiskus Assisi, OMK Paroki Fransiskus Assisi (3 stasi: Pasar Usang, Tabing, dan Pusat Paroki), serta para orang tua. Dalam malam ceria, masing-masing kelompok katergorial unjuk kebolehan dalam menari, menyanyi, gerak dan lagu, dan menjawab pertanyaan terkait Xaverian. Acara ditutup pada pukul 23.00 WIB dengan kenangan dan semangat yang menghidupkan bagi banyak orang.(Novi Regar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites