Kamis, 29 Maret 2012

wajah ceria kaum muda Pekanbaru dalam menyambut Salib Orang muda

Dikatakan bahwa orang muda memiliki ciri-ciri selalu semangat, pantang menyerah dan kreatif. Inilah yang diperlihatkan oleh teman-teman muda omk Paroki St. Maria A. Fatima Pekanbaru. Setelah mendengar kabar tentang rencana kedataangan tim komisi kepemudaan ke pekanbaru, omk langsung melakukan persiapan seperti pembuatan poster dan berkomunikasi dengan seluruh orang muda yang berdomisili di paroki tersebut. Hasilnya ratusan orang muda katolik dengan antusias menghadiri misa orang muda di gereja paroki pada hari jumat, 23 maret 2012. Gereja pun menjadi segar dengan wajah-wajah kaum muda yang memenuhinya.

Tidak hanya itu, omk pun dengan kreatif memodifikasi salib omk keuskupan yang dibawa oleh tim dengan ukuran 60 x 80cm sehingga dapat dipanggul bersama oleh omk sehingga terlihat kebersamaan omk untuk meneladani Yesus dalam memangggul salib. 

Perayaan ekaristi dimulai pukul 09.00 dipimpin oleh tiga orang pastor yaitu Pastor Riduan Fransiskus Naibaho yang merupakan Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Padang, Pastor Monang da Pastor Eko yang merupakan pendamping orang muda di Paroki St. Maria A. Fatima Pekanbaru dan Paroki Hati Kudus Yesus Pangkalan Kerinci.

Disela perayaan ekaristi setelah homili, omk menampilkan tablo Santo Gabriel dari Bunda Berduka Cita yaitu seorang muda yang akhirnya meninggalkan kehidupan kelam dan memutuskan masuk biara Passionis di italia. Pastor Riduan yang menjadi selebran utama dalam misa menyampaikan kesan gembiranya dalam homili. Ia menyampaikan bahwa kebersamaan dan keceriaan yang ada pagi itu mengingatkan kita pada wajah Yesus yang menyapa segenap umatnya. "Yesus tentu akan merangkul semua yang hadir bila Ia hadir juga disini" ujar pastor ini. Ia juga berpesan agar omk selalu berteguh dalam imannya. Banyak orang muda di masa-masa ini kehilangan arah dan meraba-raba kebenaran yang sesungguhnya. "Kita sebagai orang muda perlu menyelediki  kelemahan-kelemahan kita sehingga kita sadar bahwa Yesuslah yang akan menyempurnakan kita" tambah pastor yang dikenal dekat dengan orang muda ini. 


Selesai misa diadakan ramah tamah komisi kepemudaan dengan pengurus omk yang hadir, turut hadir juga rekan-rekan PMKRI Cabang Pekanbaru. Dalam pertemuan itu pengurus omk menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, kemudian dilanjutkan oleh Pastor Riduan yang menyampaikan tentang orang muda dan gereja. Pastor menyampaikan setiap orang muda yang berumur 13-35 tahun dan belum menikah adalah omk(orang muda katolik) tanpa pendaftaran dan proses-proses lainnya. Kegiatan diselingi gerak dan tari oleh seluruh peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites