Senin, 08 Oktober 2012

Misa Awal Tahun Mahasiswa Katolik UNRI

Pergantian tahun ajaran dijadikan DPC PMKRI Cabang Pekanbaru jalan untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan mahasiswa baru Universitas Riau. PMKRI mengadakan Misa Awal Tahun (MATA) bagi mahasiswa baru tersebut pada hari Sabtu 06 Oktober 2012 bertempat di Waduk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini, diikuti sekitar 70 Mahasiswa Katolik Se- Universitas Riau. Misa Awal Tahun yang juga bertepatan dengan Bulan Maria tentunya memberi warna tersendiri tahun ini karena berbeda dari Tahun tahun sebelumnya. Misa yang dimulai jam 14:00 WIB tersebut dipimpin oleh Pastor Monang Damanik Pr, pastor rekan di Paroki Santa Maria A Fatima, Pekanbaru. 

Dalam kotbahnya Pastor Monang menekankan arti komunikasi dan bagaimana kita melakukan komunikasi dengan Tuhan dan sesama. Pastor Monang menganalogikan pemahaman seorang frater dan bruder dalam memaknai arti komunikasi dimana seorang bruder memaknai bahwa komunikasi tersebut adalah kasi komuni. Pastor Monang juga menambah kisah Ayub dalam kotbahnya Bagaimana kisah jatuh bangun iman Ayub hingga Tuhan Memberkati Hidup Ayub. Meskipun Misa berlangsung di alam terbuka dan ditengah terik matahari tentunya tidak mengurangi kekhusyukan dan kesediaan hati para mahasiswa dalam mengikuti Misa, karena sesekali Pastor Monang Pr menghadirkan lelucon dalam kotbahnya. Dalam akhir kotbahnya Pastor Monang Pr berharap agar seluruh Mahasiswa katolik dapat meneladani Ayub dan menjalin komunikasi yang baik dengan Tuhan dan sesama.

KEBERSAMAAN MELALUI GAMES 
Setelah misa, kegiatan dilanjutkan dengan acara kebersamaan berupa berbagai Games. Games yang dipandu oleh Jhon Paul Manik yang juga Presidium Gerakan Kemasyarakatan (PGK) mendapatkan respon positif dari para peserta MATA. Games yang berlangsung kurang lebih 60 menit tersebut tuntunya ditujukan untuk menjalin kerjasama dan kekompakan bagi seluruh mahasiswa katolik di UNRI khususnya para Mahasiswa Baru. Peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok dalam kegiatan dan diminta menciptakan yel-yel.
Pada perlombaan yel-yel tiap-tiap kelompok menampil karya terbaik masing-masing dan mengundang gelak tawa para peserta dan penonton. Diakhir Games, para peserta dituntut memindahkan sarung, dimana setiap peserta dituntut saling berpegang tangan. Diakhir Acara DPC PMKRI Cabang Pekanbaru melalui Sekjend Fransiska Sugiarti mengucapkan terima kasih kepada Pastor Monang Damanik Pr, Pak Yustinus S ( Dosen Agama katolik), Anggota PMKRI Cabang Pekanbaru dan seluruh mahasiswa baru katolik UNRI.
Gilbert, salah satu peserta menyampaikan bahwa dirinya menikmati pertemuan dan tentunya menjadi saling mengenal diantara mahasiswa UNRI. Gilbert  juga berharap agar kawan-kawan sesama katolik tetap berkomunikasi dan hendaknya bertegur sapa jika bertemu dilain waktu dan tempat.
dalam kesempatan yang sama, Lisnawati menyampaikan kesannya bahwa ini adalah misa pertamanya setelah ia di Universitas Riau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites