Selasa, 21 Agustus 2012

OMK itu Katolik dan Juga Indonesia


40 OMK Duri peringati HUT RI ke-67
Kebersamaan sangat penting untuk menjalin suatu relasi yang sangat baik diantara sesama OMK. Itu lah yang kini dibangun oleh pengurus OMK Santo Yosef Duri, hal ini terlihat pada  acara kebersamaan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67. Kegiatan sederhana tersebut dapat menarik perhatian kurang lebih 40 orang OMK Paroki Santo Yosef Duri, tidak mau kalah para suster pun ikut serta.


          Kegiatan diadakan pada hari Minggu,19 Agustus 2012 pukul 09.00 WIB, dimulai dengan renungan yang dibawa oleh Vera dan dilanjutkan dengan ‘games’ kebersamaan  yang dikoordinir oleh OMK sendiri. Beberapa perlombaan yang ada yaitu main bola dengan kaki diikat, mengoper bola pimpong, membawa pimpong dengan tali.  Acara ini bertempat di alam terbuka, tepatnya di Kebun Sawit milik umat Paroki St. Yosef Duri. Para peserta begitu antusias mengikuti lagu dan gerak yang membutuhkan kosentrasi dan kerjasama dengan sesama peserta. Dalam kegiatan ini ingin menggambarkan butuhnya kerja sama, saling percaya, dan tidak egois dalam membangun kebersamaan OMK.

Semua peserta tampak antusias dalam keikutsertaannya dalam kegiatan. Dalam sharing tampak keinginan dari OMK untuk ada kegiatan selanjutnya yang berkesinambungan agar OMK semakin kokoh dan bersatu dalam menjalamkan tugas dan kewajibannya di gereja dan masyarakat. Begitu juga dengan harapan pembina OMK Santo Yosef sendiri yaitu Bapak Heri, beliau menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan dan kepada para peserta yang hadir. Secara khusus ia menyampaikan agar ini bukan kegiatan terakhir, namun ketika OMK diminta berkumpul pada saat selanjtnya, semua orang muda dapat ikut serta untuk berkumpul, misalnya dalam kegiatan rutin OMK.  “butuh kesadaran diantara orang muda untuk membangun diri dan sesama, juga geraja namun tidak ada paksaan untuk itu” ujar  Pak Heri.

          Setelah selesai permainan, acara dilanjutkan dengan makan siang. Dalam kesempatan itu pun terlihat kebersamaan diantara peserta, panitia dan pengurus OMK. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kuis ‘siapa cepat dia dapat”, dan ditutup dengan foto bersama.(nfs/omkst.yosefduri)

OMK Tl. Kuantan
Kegiatan merayakan HUT RI ke-67 juga dilakukan oleh orang muda Katolik di Paroki lain. Seperti di Paroki Air Molek yang mengadakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Camping Rohani. kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan iman OMK yang secara tidak disarai semakin pudar karena berbagai hal. jumlah yang minim tidak mengalahkan semangat merayakan peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia tercinta.


Semangat yang sama ada di OMK Paroki St.Paulus Labuhbaru, Pekan baru. dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI, rekan-rekan muda Paroki Labuhbaru mengadakan misa OMK namun tentunya umat pun ikut serta di dalamnya. mereka berhadap semangat para pejuang melingkupi seluruh kaum muda demi mempertahankan pribadi yang 100% Katolik dan 100% Indonesia. Merdeka!!!

OMK Pangkalan Kerinci
Hal yang sama terjadi di Pangkalan Kerinci. OMK Pangkalan Kerinci memberikan sumbangan suaranya dalam misa Syukur Peringatan Kemerdekaan RI itu.  Ini adalah modal bagi Gereja untuk masa depannya, memiliki orang muda yang peka dengan yang terjadi di lingkungannya, semoga semangat ini bisa berkembang ke seluruh kaum muda di Keuskupan Padang.

1 komentar:

  1. mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan & kita isi kemerdekaan dgn berbagai kegiatan positif...semangat rekan2 OMK ...Tuhan Yesus slalu menyertai langkah kita.....semangat....;-)

    BalasHapus

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites