Senin, 22 April 2013

Valentine Essy Siregar: Yang Muda Yang Kreatif, Ya OMK

 “Ingin melihat sejauh mana kemampuan yang dimiliki” inilah motivasi Valentine Essy Siregar, SE (25)   untuk mengikuti ajang mencipta lagu yang diselenggarakan oleh Komisi Kepemudaan. Motivasi itulah yang membuat gadis yang suka berpikir ini menjadi juara pertama dalam lomba cipta lagu.Anak ke 3 dari 5 bersaudara ini merasa terkejut dan tidak percaya ketika mengetahui salah satu lagunya yang berjudul “Muda Katolik Syalala” menjadi nomor satu, dan ditambah lagi 2 lagu lainnya yaitu “OMK Pasti Bisa” dan “Hening ‘tuk Sejenak” masuk dalam kategori lagu terbaik. Perasaan bangga, senang, dan terkejut bercampur dalam satu momen sewaktu Valen melihat pengumuman lomba.
Rahasia Valen menang dalam lomba adalah karena dia mau mencoba kesempatan yang ada. “Sungguh ketika saya merasa memilki kemampuan tetapi kemudian tidak mencoba maka tentu ini semua tidak saya dapatkan,” ujar Wakil Ketua OMK Stasi Tabing St. Laurensius Paroki St. Fransiskus Asisi Padangbaru ini.
Mengikuti lomba tersebut tentu tidak mudah bagi seksi Liturgi stasi Tabing ini, ia juga sempat terhenti dalam mencipta lagu karena merasa tidak percaya diri dengan kemampuan dia sendiri, dan merasa semangatnya kurang ketika dia tidak bersama keluarga. Tetapi rintangan tersebut dapat Ia atasi dengan hobinya yang suka berfikir, “karena saya berfikir jika saya tidak mencoba maka saya tidak akan tahu sejauh mana kemampuan saya.” katanya. Ketika dia sudah berkumpul dengan keluarga, dia mulai memperdengarkan lagu yang dia cipta kepada keluarga. Betapa senangnya Valen, karena keluarganya juga memberikan dukungan, masukan dan perbaikan terhadap lagu-lagunya. Ini membuat dia semakin percaya diri untuk melakukan perekaman dan memutuskan siap untuk mengirimkan lagu dan saat itu kepercayaan dirinya bertambah. Valen yakin bahwa lagu-lagu yang dia cipta akan masuk dalam 19 lagu terbaik tetapi tetapi tidak terpikir bahwa salah satu lagunya menjadi pilihan terbaik pertama dari 26 lagu yang ada.Keinginan yang ingin dicapai oleh gadis yang aktif di Komisi Kepemudaan Keuskupan Padang ini adalah menjadi manusia seutuhnya untuk gereja dan bangsa dengan berusaha sungguh-sungguh dan tekun. Saat ini valen sedang belajar untuk setia berdisiplin dalam membaca, dalam bersabar, dalam berkata, dalam berfikir, dalam menulis, dan dalam berdoa.
Harapan OMK yang aktif ini terhadap teman-teman OMK adalah sesuai dengan lirik lagu Muda Katolik Syalala yang Ia ciptakan bahwa “kita Orang Muda Katolik secara bersama-sama menyatukan cita dan cinta seluruh orang muda untuk bersungguh-sungguh dan tekun dalam mengembangkan diri dan teman kita, berkumpul dan berhimpun menjadi satu, bekerja dan berkarya tuk gereja agar siap mengemban tugas dimana pun kita berada dan setia dalam panggilan kita dan semua itu kita lakukan dalam semangat cinta kasih. Kita semua Pasti, Pasti, Pasti, Pasti Bisa!!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites